Menu

Panduan Seting NameServer Domain yang Beli Di Tempat Lain

Apr
04
2018
by : admin. Posted in : Uncategorized

Menghubungkan Domain dengan  Hosting atau istilahnya pointing nameserver (NS), biasanya tidak akan mengalami kesulitan, ini dilakukan jika kita sudah membeli domain di tempat lain dan kita sewa hostingnya BukaHost. Kita harus seting nama domain tersebut agar mengarah ke hosting BukaHost.

 

Proses pointing nameserver ini harus di lakukan secara manual, setelah kita mendapatkan alamat nameServer dari hosting yang baru saja kita sewa, jadi tidak berjalan secara otomatis. Sebagai contoh, Anda mempunyai nama domain yang di beli di Idwebhost dan akan menggunakan fasilitas hosting gratis dari BukaHost, maka kita harus seting nameServer domain Anda yang ada di Idwebhost agar mengarah ke BukaHost.

 

Mengarahkan domain lama ke hosting yang baru (proses propagasi)  membutuhkan waktu maksimal 1 x 24 jam, akan tetapi tergantung juga pada akses provider atau jasa penyedia hosting tersebut, biasanya dalam waktu kurang dari 1 jam, Url domain lama sudah bisa di akses, dan kita sudah bisa menggunakan fasilitas hosting tersebut melalui Cpanel. Jika masih dalam keadaan proses propagasi,maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

 

Mengintegrasikan Domain lama dan Hosting baru
Di bawah ini cara seting nameserver domain yang saya beli dari IdWebhost untuk di arahkan ke hosting milik Idhostinger, untuk contoh seting nameserver domain yang lain saya kira juga sama.

1. Setelah mendaftar atau membeli hosting baru, silahkan catat kode nameserver yang anda dapatkan melalui email yang anda daftarkan. contohnya seperti di bawah ini
Nameserver 1: ns6.idwebhost.com
Nameserver 2: ns7.idwebhost.com
*) Jika kode nameserver tidak terdapat di email, bisa anda temukan di Dashboard Cpanel > Akun > Detail

 

2. Setelah itu Login ke tempat di mana domain anda di beli, Dalam contoh ini saya menggunakan nama domain kafethemes.com dari IdWebhost.

Setelah masuk ke dashboard client area, buka domain anda > Kelola Domain  (gambar di bawah).

 

Lalu klik Kelola Domain > Nameserver   (gambar di bawah).

Anda akan di hadapkan pada setelan Nameserver Default dari Idwebhost

Setelah itu ubah dengan masukkan kode name server dari BukaHost.

Nameserver 1 : ns1.bukahost.com

Nameserver 2 : ns2.bukahost.com

Lalu klik Ubah Nameserver

Setelah itu silahkan menunggu proses propagasi.

Bahwa anda harus menunggu proses pergantian Nameserver (propagasi) dalam 24, hal ini tergantung dari akses hosting anda yang baru, tetapi biasanya dalam waktu 1 jam sudah bisa langsung aktif, jika belum,maka anda harus bersabar menunggu sampai batas waktu yang di tentukan.

 

Demikian panduan seting NameServer jika domain beli di tempat lain, kurang lebih contohnya seperti di atas,jika ada hal yang belum jelas bisa di tanyakan pada customer service BukaHost

artikel lainnya Panduan Seting NameServer Domain yang Beli Di Tempat Lain

April 2018
M T W T F S S
« Mar   May »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
JL. Dewi Sartika Klaten