Menu

5 Faktor yang Menyebabkan Website Memiliki Loading Lambat

Sep
09
2018
by : admin. Posted in : Uncategorized

Menurut beberapa fakta yang didapat menyebutkan bahwa sebanyak 40% pengunjung langsung meninggalkan website jika kecepatan loading website yang dibuka lebih dari 3 detik. Hal ini mengartikan kalau kecepatan website tidak bisa kita anggap remeh begitu saja. Dikarenakan kecepatan website yang lambat digadang-gadang dapat memperburuk kualitas SEO, website memiliki reputasi buruk di mesin pencari, tidak dianggap profesional oleh pengunjung, dan lain sebagainya.

Rupanya ada beberapa faktor yang menyebabkan website memiliki loading yang lambat beserta solusinya, antara lain:

  • Penyebab Loading Website Lambat

1. Salah Beli Hosting

Tidak banyak yang mengetahui bahwa kecepatan website dapat dipengaruhi oleh hosting yang digunakan. Hosting memang memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kinerja website. Biasanya hosting lambat dikarenakan memiliki masalah server. Oleh karena itu, jika anda membeli hosting yang buruk dan juga kecepatan respon servernya lambat, maka dapat dipastikan bahwa website anda akan memiliki kecepatan yang lambat pula nantinya.

Maka solusi untuk memastikan kinerja situs anda baik serta memiliki kecepatan loading yang terbilang cepat, mau tidak mau anda harus memilih paket hosting yang benar-benar handal untuk masalah ini. Apalagi jika situs anda dibangun untuk tujuan yang serius, misalkan seperti untuk perusahaan, toko online, ecommerce, dan lain sebagainya, otomatis anda harus benar-benar bisa memilih penyedia hosting yang tepat. Utamanya yang memiliki pelayanan baik, kecepatan server, teknologi handal, dan masih banyak lagi.

Dan untuk urusan hosting, rasanya anda bisa mempercayakannya kepada Indoworx, dikarenakan kami bisa jadi merupakan penyedia hosting pertama di Indonesia yang mengunakan teknologi penyimpanan SSD, merupakan penyimpanan 10 kali lebih cepat dan aman ketimbang HDD. Kami juga menggunakan hardware server tercepat yang memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan hosting (Intel E5 Prosesor terbaru). Satu hal paling penting, kami pun mematok harga relatif lebih murah.

2. Salah Penggunaan Theme

Theme atau tema merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh platform WordPress agar penggunanya bisa membangun website secara profesional. Tema juga dapat mempercantik situs, karena anda dapat mendesain tampilan situs sesuka hati. Banyak tema yang disediakan oleh WordPress secara gratis maupun berbayar.

Namun harus diketahui bahwa beberapa tema disebut-sebut dapat membuat kinerja situs menjadi lebih lambat. Terutama tema yang memiliki banyak desain, widget, javascript, dan masih banyak lagi. Oleh karenanya, sangat disarankan bagi anda untuk memakai tema sederhana saja, simpel, minimalis, namun tetap dilihat profesional. Anda bisa menggunakan tema Twenty Ten atau Twenty Eleven, dan bisa juga memakai Kontrast dari AlxMedia. Tema-tema yang disebutkan itu memiliki tampilan sederhana namun tetap dapat dilihat mewah dan nyaman terutama untuk pengunjung situs anda. Intinya gunakanlah tema sederhana dan ringan tapi tetap komplit untuk mempercepat situs anda.

3. Terlalu Banyak Menginstal Plugin

Tidak hanya karena tema saja, kecepatan situs rupanya juga besar dipengaruhi oleh jumlah plugin yang terinstal pada situs. Pasalnya banyak plugin artinya juga banyak memakan resource CPU server. Sangat disarankan agar anda menginstal plugin yang memang penting saja, dan meng-uninstal plugin-plugin yang dirasa tidak penting untuk situs.

Tentu demi kinerja situs menjadi lebih baik, mau tidak mau anda harus membatasi jumlah plugin yang benar-benar diperlukan. Serta pastikan juga menggunakan plugin dari developer populer untuk menghindari pengkodean buruk.

4. Tidak Mengompress Ukuran Gambar

Gambar menjadi salah satu konten yang bisa mendukung sebuah fakta, serta juga untuk membuat pengunjung lebih tertarik membaca informasi yang ada. Tapi salahnya kebanyakan gambar memiliki ukuran file yang cukup besar, dan pastinya mengambil banyak data untuk mengunduhnya. Bayangkan saja jika anda memiliki ratusan hingga ribuan artikel serta memiliki gambar dua atau lebih dalam setiap artikel, maka berapa banyak resource hosting yang digunakan untuk menyimpan gambar-gambar tersebut. Apalagi jika ukuran gambar tersebut tergolong cukup besar. Karena ini tidak heran apabila situs anda memiliki kecepatan relatif lambat. Sebab gambar berukuran besar dapat mempengaruhi kecepatan situs anda.

Untuk mengatasi hal ini salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengompresi ukuran gambar dengan menggunakan aplikasi seperti FILEminimizer Pictures. Aplikasi tersebut dapat mengoptimalkan ukuran gambar tanpa menurunkan kualitas gambar tersebut secara signifikan, gambar berukuran 1 MB bisa saja dikompresi menjadi 100 KB. Dan tentu saja itu setidaknya dapat melapangkan space dan resource server.

Selain itu juga anda dapat mengompresi ukuran gambar secara otomatis dengan menggunakan plugin optimasi gambar. Dengan ini harapannya kecepatan situs anda bisa meningkat menjadi lebih baik.

5. Kelebihan Trafik

Setiap pemilik situs sudah pasti mengharapkan trafik yang besar untuk mendongkrak kepopuleran situs. Trafik besar juga berpotensi meningkatkan penghasilan menjadi lebih besar. Sayangnya, semakin besar trafik situs juga akan membuat server anda menjadi terbebani. Sehingga akan berdampak pada kinerja situs terutama dari segi kecepatan. Kelebihan trafik pun terkadang membuat situs tidak bisa diakses karena overload. Oleh karenanya, jangan anggap remeh jika trafik situs anda kian membesar.

artikel lainnya 5 Faktor yang Menyebabkan Website Memiliki Loading Lambat

September 2018
M T W T F S S
« May    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
JL. Dewi Sartika Klaten